Sabtu, 10 Oktober 2020

3 Jenis Kerajinan Tradisional Muna

Kabupaten Muna merupakan kabupaten yang meiliki peradaban dan kejayaan dimasa lampau, dibalik itu ternyata memiliki bermacam macam kerajinan diantaranya adalah : 
1. Kain Tenun (Kamooru)


Kain Tenun atau biasa masyarakat muna menyebutnya kamooru merupakan kain tenun khas muna yang menjadi kerajinan kebanggan masyarakat muna, hampir bisa kita jumpai kain tenun ini di pusat kerajinan tenun Masalili. Masalili merupakan salah satu desa di kabupaten Muna yang menjadi pusat kerajinan tenun Kamooru. Proses pembuatan kain tenun ini cukup lama karena menggunkan proses tenun manual, bahan tenun ini berasal dari benang sutra yang menupakan benang pilihan yang dipintal khusus dari kapas yang diolah secara tradisional. 

2. Kerajina Nentu


Kerajina Nentu Merupakan Kerajinan Tangan dengan bahan dasar tanaman yang orang muna menyebut Nentu. Hasil Kerajinan Nentu ini berbentuk anyaman yang sangat kuat, kokoh, alot dan ringan sehingga hasil yang dihasilkan sangat kuat dibanding kerajinan dari rotan. Hasil Olahan kerajinan yang dari Nentu ini seperti Kotak Tisu, Nampan Makanan, Penutup Nampan, Vas Bunga, dll. 

3. Gembol


Muna terkenal dengan kayu jatinya yang memiliki kualitas nomor satu di Indonesia, salah satu hasil kerajinan dari akar kayu jati adalah gembol. Hasil olahan akar jati ini biasanya dibuat kursi, meja, hiasan dinding, vas bunga, Tempat Lampu, dan beberapa kerajinan lainnya.

Related Posts