Kamis, 08 Oktober 2020

4 Jenis Makanan Khas di Raha

Di kota Raha ada beberapa makan khasnya diantaranya makan itu merupakan makanan yang menjadi makanan tradisional Muna. adapun makanan khas di Raha yang bisa kita ditemui yaitu :

1. Tunuha


Tunuha atau Singkong Bambu Merupakan Makanan Tradisonal di Raha yang bahanya berasal dari singkong parut yang dicampur dengan bumbu serta gula merah setelah itu campuran singkong tadi dimasukkan kedalah Bambu yang telah dibersihkan kemudian ditutup rapi setelah itu dibakar didalam batu panas yang masyarakat Muna menyebutnya dengan acara Tunuha. Tunuha Memiliki arti yang diambil dari kata dasar bahasa muna "Tunu" yang artinya Bakar. Tradisi Tunuha ini menjadi tradisi tahunan masyarakat dalam mensyukuri hasil panen pertanian mereka. biasanya proses pembakaran singkong bambu ini diadakan dimalam hari, proses awalnya singkong bambu yang sudah siap tadi dimasukkan kedalam lubang kemudian ditutup daun dan tanah diatasnya agar tidak terbakar langsung kemudian disiapkan batu dan kayu bakar untuk membakarnya, proses pembakaran ini biasanya semalam suntuk. Barulah di pagi hari proses pembongkaran singkong bambu tadi dibuka satu persatu dari dalam lubang pembakaran. proses tradisi ini masih menjadi tradisi turun temurun masyarakat muna biasanya proses dimalam Tunuha diiringi dengan acara modero, modero merupakakan tradisi balas pantun antara laki-laki dan perempuan.

2. Katumbu Gola


Katumbu Gola merupakan makanan yang berasal dari jagung muda yang ditumbuk atau yang sekarang digiling dengan mesin. zaman dulu sebelum ada pengiling jagung masyarakat menggunakan katumbu (alat Menumbuk yang terbuat kayu) dalam menghaluskanya. namun sekarang masyarakat mengunkan kagili yang artinya alat penggiling jangung karena prosenya yang cepat. jangung yang telah digiling kemudian dicampur dengan bahan bahan masakan seperti garam, bawang dan gula merah. dinamakan katumbu gola karena di campur dengan gula merah, ada juga katumbu yang tidak dicampur dengan gula merah tapi hanya dicampur dengan bahan dasar saja. katumbu atau jagung giling ini kemudian dimasukkan kedalam panci besar yang telah diberi air untuk masak hingga matang. Makanan ini banyak dijumpai dan dijual dipasar-pasar tradisional, atau acara-acara masyarakat dalam merayakan hasil panen jagung mereka

3. Hogo-hogo


Hogo-hogo makanan yang terbuat dari singkong yang telah dijemur dan di potong potong kecil kemudian dimasak dengan cara di kukus ketika singkong yang di masak tadi hampir matang barulah ditaburi dengan kelapa parut diatasnya setelah itu disajikan. sangat cocok di makan dengan ikan asin dan sayur bening. makanan ini sebagian masyarakat Muna menjadi makanan pokok sehari hari.

4. Kacang Mete



Kacang mete merupakan salah satu oleh-oleh khas muna. kacang mete banyakdijumpai dikabupaten muna karena di wilayah kabupaten muna menjadi salah satudaerah penghasil jambu mete terbaik di sulawesi tenggara. hampir setiapmasyarakat menanam kacang mete atau kacang mede di kebun mereka. sehingga stokkacang mete di kabupaten muna tidak pernah habis, setiap tahunya kacang meteatau kacang mede selalu berbuah dan menghasilkan ber ton ton yang dijual keluardaerah. Hasil olahan kacang mete ini bervariasi mulai dari dibuat menjadi kue,kacang mete lumer, bumbu masakan,  bahan dasar sambal dan diolah menjadimakanan khas muna sebagai oleh-oleh.

Related Posts

Ad Placement